Login form
Site menu
Our poll
Rate my site
Total of answers: 16
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Wednesday, 2017-09-20, 1:22 AM
Welcome Guest

Blog

Main » 2010 » June » 7 » Menu Perubahan Baru Era Komputasi Tanpa Batas Dalam Kehidupan Cultural Masyarakat
5:08 AM
Menu Perubahan Baru Era Komputasi Tanpa Batas Dalam Kehidupan Cultural Masyarakat

KOMPUTASI modern sekarang bergerak dengan sangat cepat dan memasuki sebuah paradigma baru dalam kehidupan cultural masyarakat Indonesia. Kemajuan teknologi komputer dan internet dapat dijadikan parameter kemajuan teknologi dewasa ini. Memang dengan teknologi informasi telah menciptakan produk-produk baru yang mempermudah dan mempercepat hubungan antar manusia.

 

Pada zaman sekarang penggunaan komputer sudah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Komputer yang dimaksud disini tidak hanya PC ataupun komputer notebook tapi juga phone cell, smartphone, digital organizer atau PDA (Pocket Digital Assistant).

 

Seperti yang diketahui era komputasi merupakan masa penerapan teknologi komputer dalam peralatan – peralatan yang biasa digunakan manusia, seperti peralatan sehari – hari baik itu radio, televisi, pendingin, alat – alat rumah atau mobil. Sebagian alat itu mungkin tidak menampakkan wujud fisik dari komputer, namun tekhnologi komputasi menyelinap di dalamnya.

 

Walau sebagian besar masyarakat umum belum menyadarinya namun pada dasarnya saat ini kita telah berada di era ketiga dari revolusi komputer, atau disebut juga dengan era ubiquitous computing atau era komputasi.. Era di mana komputer dapat ditemukan di mana saja, di telepon seluler, toaster, mesin cuci, mesin game, bahkan pada kartu pintar (smart card).

 

Bila pada era pertama dari revolusi komputer ditandai dengan komputer mainframe yang berukuran raksasa dan digunakan bersama-sama oleh banyak orang (one computer many people), era kedua ditandai dengan eksistensi dan perkembangan dari personal computer (one computer one person), maka pada era ketiga ini seseorang dalam kehidupannya sehari-hari dapat berinteraksi dengan banyak komputer (one person many computers).

 

One person many computers yang dimaksud disini adalah interaksi manusia dengan berbagai teknologi yang digunakan untuk memperlancar kegiatannya yang telah disisipkan system computer pada masing –masing teknologi tersebut.

 

Seiring dengan kemajuan teknologi, ruang dan waktu sebagai dimensi eksistensial juga berubah secara kuantitatif maupun kualitatif, terutama oleh faktor kekuatan (power) dan kecepatan (speed); kedua faktor ini makin meningkat pengaruhnya seiring dengan berlanjutnya pemutakhiran dan pencanggihan teknologi. Pengaruh faktor kekuatan dan kecepatan itu terutama mencuat dalam perkembangan teknologi transportasi serta komunikasi dan informasi.

 

Teknolgi merupakan tuntutan masa depan yang tidak mungkin dapat ditolak kehadirannya,oleh karena itu diperlukan pilihan-pilihan yang cerdas dan tepat agar dapat memperdayakan dan memanfaatkan teknologi tersebut. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang tekhnologi masyarakat, sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia.

 

Aktivitas kita memanfaatkan kemajuan teknologi, terutama menghasilkan kondisi baru berupa kebebasan (freedom) untuk memilih, terbentangnya kendali/kekuasaan (control/power), dan terjadinya penurunan biaya (decreased cost), yang tadinya sangat tidak mungkin menjadi mungkin bagi setiap orang yang menggunakannya.

 

Don Tappscott (1996) dalam buku yang sangat laris dengan judul Digital economy: Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence menggambarkan bagaimana dampak teknologi komputasi pada kehidupan manusia. Aplikasi teknologi kurang sempurna tanpa dukungan mesin pintar yang berkemampuan analitik.

 

Penggabungan ke dua konsep ini baru menghadirkan tekhnologi - tekhnologi tinggi yang cerdas. Pengelolaan yang termanagemen baik akan membuat tekhnologi ini; berkemampuan dan punya efektifitas dan efisiensi yang tinggi. Pada penerapannya yang termanagemen baik itu memungkinkan tekhnologi itu meningkatkan efektifitas dan efisiensi.

 

Kehadiran teknologi komputasi yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Hal-hal berikut menggambarkan konsep kepintaran komputasi yang didukung dengan aplikasi tekhnologi.

 

 

1. Produk yang digerakkan system computer

 

Di masa depan produk - produk kebutuhan hidup manusia sehari-hari akan menjadi produk yang cerdas (smart product). Produk yang cerdas adalah produk yang telah memiliki komponen intelegensia manusia. Produk yang demikian bisa membantu manusia untuk melakukan hal terbaik bagi kehidupannya.

 

Berikut ini merupakan contoh produk cerdas (smart product) :

 

a. Mobil yang cerdas (Smart Car). Mobil masa depan tidak bisa dihidupkan bila supirnya mabuk. Bau alcohol yang keluar masuk dari mulut pengemudi akan menutup system kerja mesin mobil. Kalau mobil rusak,system komputer akan memberitahu bagaian yang rusak. Layar monitor dalam mobil memberitahu daerah yang macet lalu lintasnya

 

b. Kartu yang cerdas (Smart Card). Berbagai kartu yang ada (ATM,SIM,KTP,asuransi kesehatan dll.) akan dihimpun dalam satu kartu saja.Selain itu kartu bisa digunakan untuk berbagai fungsi lain. Misalnya untuk kunci mobil, kunci rumah dan lain-lain

 

c. Rumah yang cerdas(Smart House)

Rumah bisa diperintah untuk melaksanakan sendiri tugas-tugas seperti menentukan suhu ruangan, menghidupkan mesin air di bak mandi saat pemilik rumah dalam perjalanan menuju rumah, menghidupkan dan mematikan kompor, menutup pintu dan garasi dan lain - lain.

 

d. Jalan yang cerdas (Smart Road)

Jalan bisa memberitahu pengendara mobil kalau ada kecelakaan di depan. Selain itu bisa mengingatkan bahaya kecelakaan jika jarak antar mobil yang di depan dan di belakang terlalu dekat

 

 

2. Perancangan produk dikelola oleh computer

 

Sistem komputer yang sudah menjadi net-worked intelligence akan memudahkan kehidupan konsumen. Melalui internet pembeli dapat menghubungi berbagai perusahaan yang menawarkan produk. Dimasa depan produk yang akan dibeli dirancang sendiri oleh konsumen. Pembeli rumah bisa merancang sendiri bentuk rumahnya, jumlah kamar, susunan kamar serta asesoris yang diperlukannya.

 

Pembeli sepeda dapat merancang sendiri bentuk sepeda yang diinginkannya, berdasarkan pilihan komponen yang tersedia dalam komputer. Komputer yang dimiliki oleh perusahan pembuat produk telah memasukkan komponen produk ke dalam komponen yang dipilih. Berdasarkan pilihan komponen yang tersedia rancangan produk dapat dibentuk sendiri oleh pembelinya.

 

 

3. Proses kerja yang digerakkan oleh computer

 

Tersedianya fasilitas internet dan intranet memungkinkan orang bekerja dari mana saja. Orang bisa berhubungan dengan kantornya dari rumah dari pesawat dan dari kamar hotel. Pekerjaan bisa dilakukan dari jarak jauh. Kantor bersifat maya (virtual office). Lembaga keuangan seperti bank bisa meminimalisasi untuk efisiensi karyawan, karena transaksi bisa dilayani secara elektronik.

 

Kondisi yang demikian ini menyebabkan jumlah ruangan kerja yang dibutuhkan semakin menciut dan penghematan biaya kantorpun dapat dilakukan.Berbelanja juga dapat dilakukan melalui internet. Barang dapat dikirim langsung ke pembeli oleh produsen. Berbelanja sautu produk juga dapat dilakukan dari rumah melalui internet. Barang dapat dikirim langsung ke pembeli oleh produsen.

 

Penengah (mediator) antara produsen dan konsumen makin tidak diperlukan, karena konsumen dapat langsung berhubungan dengan produsen. Biro perjalanan semakin tersaingi oleh internet, karena orang dapat memesan langsung tiket pesawat, tiket kapal laut, tiket kereta api, atau tiket bis pada perusahaan transportasi. Pembayaran cukup dibayar dengan kartu kredit, dan tiket bisa diambil dibandar udara.

 

 

4. Komputer menjadi sarana komunikasi efektif

 

Kehadiran bisnis internet telah merubah pola komunikasi. Dokumen dapat dikirim pada banyak orang diseluruh dunia tanpa mengenal batas, waktu dan tempat.Pengehematan yang luar biasa dari segi waktu, biaya dan tenaga.

 

 

5. Komputer sebagai pusat informasi

 

Tersedianya website yang bisa diakses melalui internet telah membuat komputer sebagai suatu pusat informasi. Kini pengguna komputer dapat menambah pengetahuannya dalam berbagai bidang disiplin ilmu dengan mudah di beberapa perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri sudah banyak dosen yang menyimpan catatan kuliah, artikel jurnal dan bahan bacaan lainnya di dalam home page pribadi mereka. Sehingga mahasiswa dapat dengan leluasa membuka homepage tersebut dan membaca serta mencetak artikel untuk keperluan studi mereka.

 

Di samping berdampak struktural pada perikehidupan manusia, teknologi juga membangkitkan proses kultural dalam masyarakat yang diterpanya. Inilah gejala yang oleh N. Postman disebut technopoly, yang olehnya digambarkan sebagai berikut: "Technopoly is a state of culture. It is also a state of mind. It consist in the deification of technology, which means that the culture seeks its authorization in technology, finds its satisfactions in technology, and takes its orders from technology”. Maka yang menjadi masalah ialah sejauh mana suatu masyarakat siap memasuki zaman yang ditandai oleh supremasi teknologi sebagai daya pembangkit budaya baru tanpa merapuhkan ketahanan budayanya sendiri.

 

Dengan demikian halnya, maka tidak keliru pula untuk menyatakan bahwa dominasi teknologi akan berlanjut dengan berseminya budaya baru yang melahirkan berbagai nilai baru pula yang cenderung menjadi acuan perilaku manusia modern dalam berbagai pola interaksi dengan sesamanya.***

 

Views: 1697 | Added by: Adjie | Rating: 0.0/0
Total comments: 1
1  
Hi, This just came across my desk and I had to pass it on to you ASAP…
Internet multi-millionaire Mack Michaels has a few new positions available right now…
If accepted you can easily rake in $11, 917 per month starting from scratch.
==> http://www.maverickmoneymaking.info/maverick.html
Once you’re accepted just follow the training Mack gives you. It’s really quite simple…
Learn how Mack went from not being able to afford Christmas gifts to a millionaire lifestyle and how you can too!
BUT…
Due to the extremely high level of Hands-On time Mack spends with every new member he has to limit the number of positions that are open.
Right now there are only 2 available in your area. If you’re interested you should move quickly.
==> http://www.maverickmoneymaking.info/maverick.html
Your Friend, – Mike

Name *:
Email *:
Code *:
TAG
Site friends
Search
Calendar
«  June 2010  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930
Entries archive